Sat. Oct 19th, 2019

Agateny

Dunia Pendidikan Anak-Anak

5 Cara Praktis Untuk Mengajarkan Sight Words

6 min read

Ketika tiba waktunya untuk mengajarkan sight words ada banyak pendekatan yang masing-masing berbeda. Beginilah cara saya mengajarkan sight word dalam 5 menit selama 5 hari di Taman Kanak-Kanak. Ajarkan kata-kata penglihatan secara interaktif dengan lima pelajaran singkat yang mudah ini.

Biarkan saya berbagi mengapa, bagaimana dan sight word apa saja yang kami fokuskan – dengan cara tersebut Anda akan mendapatkan seluruh gambaran.

Mengapa Mengajarkan Sight Words di TK

Di TK, kami mengajarkan cara membaca / mengenali kata-kata hanya dengan melihatnya. Sama seperti saat Anda melihat wajah dan Anda langsung dapat mengenalinya.

Ini otomatis. Ini adalah tanggapan instan.
Ya, itu mungkin tidak otomatis di taman kanak-kanak (atau setidaknya di awal, pasti) tetapi itulah tujuan mengajarkan Sight Words.

Sight Words biasanya merupakan kata-kata yang akan berulang kali dialami oleh siswa-siswa TK kita dan dalam sehari berpotensi melihat mereka dicetak berkali-kali. Terkadang orang menyebutnya kata frekuensi tinggi, kata popcorn, atau bahkan kata bintang. Guru suka membuat banyak nama untuk hal-hal seperti itu, tidakkah Anda tahu?
Alasan kami mengajarkan Sight Words di TK? Karena di TK sudah diajarkan membaca! Mengajarkan Sight Words akan membantu mereka membaca denganlebih lancar, dan juga menulis dengan lebih efisien.

Cara Mengajar Sight Words

Saya perkenalkan ini adalah rutinitas yang saya rencanakan dan saya lakukan penyesuaian selama bertahun-tahun. Adalah tujuan saya untuk mengajarkan sight word setiap minggu dan saya ingin menerapkan pengulangan agar lebih bermanfaat.

Pemikiranku adalah – semakin sering mereka melihatnya, menggunakan dan menjadi kebiasaan – maka semakin cepat mereka akan mempelajarinya dan semakin besar kemungkinan itu akan bertahan hanya pada minggu itu.

Tentu saja daftar kecil yang saya sertakan ini bukanlah satu-satunya saat saya menyebutkan sight words. Tetapi demi berbagi dengan Anda – ini adalah bagian terbesar dari pengajaran saya untuk melihat seluruh kelompok kata.

Saya hanya melakukan salah satu dari ini setiap hari dan menjadi sebuah rutinitas Senin-Jumat.

Itu membuat perencanaan pelajaran menjadi mudah selama 5 menit secara keseluruhan dari setiap pelajaran singkat ini.

1. Buat nada atau cerita

Bisakah Anda menyanyikan Mary Had a Little Lamb? Maka Anda benar-benar dapat menggunakan strategi ini untuk mengajarkan sight words. Cukup ganti lirik dengan sajak anak-anak atau nada yang akrab dengan ejaan huruf sight word.

Saya ingin membuat semua lagu untuk Anda. Lihat lagu-lagu sight word saya. Siswa-siswa Anda akan datang dengan semangat yang kuat dari 24+ kata yang dapat mereka baca dan eja.

Pilihan lain adalah membuat cerita sesuai tampilan kata.

“Cerita” hanyalah cara yang bermakna untuk melampirkan tampilan visual kata ke ejaan.

Ini sebuah contoh:

Ketika mengajarkan untuk berkata – Saya akan berkata, “Dengarkanlah apa yang dikatakan vokal ini. / e / / e / The dan aku mencoba menjadi huruf e. Mereka tidak diizinkan melakukan itu. Mereka sangat nakal sehingga harus dikurung di penjara. ”Dan saya akan berbicara untuk menggambar sebuah persegi dengan garis-garis vertikal (seperti pintu sel penjara) di atas ai.

Saya membuat cerita untuk tampil dengan tampilan visual dari kata tersebut.

Dengan cara itu saya dapat memberi isyarat kepada mereka untuk mengingat bahwa mereka nakal di saat seorang yang baik hati menemukannya ketika membaca. Saya juga bisa memberi isyarat kepada mereka, “Anda ingin menulis kata itu? Tidakkah ada huruf-huruf nakal di kata itu yang mencoba mengatakan / e /? Siapa yang harus kami kunci di penjara? ”

Seringkali mereka dapat mengingat tampilan kata itu dan mengingatnya sebagai huruf a dan huruf i yang bersembunyi di balik pintu penjara. Tentu saja itu tidak mengharapkan respons yang otomatis dari murid-murid saya, tetapi itu adalah strategi untuk membangun keterampilan.

Pada dasarnya untuk hari pertama, saya akan memperkenalkan dan bernyanyi. Atau saya akan memperkenalkan dan membuat cerita untuk sight word baru berdasarkan grafiknya atau tampilannya.

2. Gunakan manipulatif untuk membangunnya

Hanya karena Anda mengajarkan lagu, nyanyian, atau kisah untuk “mengajarkan” seperti apa sight word itu atau mengingat bagaimana kata itu dieja – itu tidaklah cukup. Anda perlu mengeksplorasi seperti apa dengan mengubahnya dan kemudian kembali ke aslinya.

Tinjau lagu atau cerita Anda dan mintalah siswa membantu untuk membangun kata. Kemudian pilih huruf untuk ditukar tempatnya. Jadi – ambil kata “the” dan ubah menjadi “tne”. Mintalah siswa mengidentifikasi apa yang salah. Anda juga dapat mencampur satu atau dua huruf dan minta mereka mengidentifikasi dan menyusunnya kembali ke dalam urutan yang benar. Kemudian ulangi lagi.

Lakukan ini dengan sedikit drama pengajaran (layaknya mereka adalah kontestan di The Price is Right) atau minta mereka menutup mata di antara switcheroo.

Pastikan untuk selalu kembali ke ejaan yang benar dan tinjau lagu atau cerita Anda seperti yang dibahas sebelumnya.

3. Temukan dalam bentuk cetak

Katering Anda perlu melihat kata yang dicetak. Itu berarti tidak hanya pada kartu kata berbaris (meskipun itu bagus juga) tetapi dalam cetakan aktual, dikelilingi oleh kata-kata lain, dipisahkan oleh spasi.

Ada beberapa cara berbeda untuk melakukan ini. Anda dapat melakukan salah satu ataupun melakukan semuanya.

Anda mengisi satu kelompok ini menggunakan buku besar atau pengalaman membaca bersama. Saya suka siswa saya bertepuk tangan, membentak, menginjak atau menggoyang (sesuatu yang kinestetik) ketika jari saya mendarat pada kata penglihatan saat kami membaca.
Sangat mudah untuk membuat mereka membingkai jari atau menggunakan jendela kata untuk menemukan kata dalam cetakan selama pelajaran membaca dalam kelompok kecil.

Tinjau lagu atau cerita ketika membungkus seluruh pelajaran pada kelompok kecil atau kelompok Anda demi ukuran yanglebih baik.

4. Bentuk Huruf-Huruf Dari Tubuh Kita

Ah, yang ini berbicara pada fakta bahwa orang yang baik hati perlu bergerak. Terkadang kita merangkai huruf dalam kesatuan untuk membuat kata-kata yang bisa dilihat – tetapi lebih sering daripada tidak – kita hanya mengubah diri kita menjadi huruf di sana, di atas karpet kelas kita. Setelah saya menaburkan atau meniup debu huruf di ruang kelas saya, kami secara ajaib menjadi kata.

Saya akan mengundang satu atau dua siswa untuk membagikan kepada kami bagaimana menurut mereka setiap huruf dapat dibentuk dengan tubuh mereka. “Bagaimana kamu bisa membuat huruf f dengan tubuhmu? Apakah lebih mudah membuat huruf F besar atau kecil? ”

Kami akan menyanyikan lagu itu atau mengeja kata itu perlahan-lahan, beralih dari satu huruf ke huruf lain dan akhirnya terbahak-bahak sepanjang waktu. Itu menyenangkan. Huruf kecil selalu menjadi yang paling sulit.

5. Skywrite

Menulis huruf-huruf sight word di udara menggunakan coretan huruf GIANT adalah apa yang saya lebih suka menyebutnya dengan sebutan skywriting. Ini adalah cara kinestetik lain untuk mengajarkan bagaimana kata sight word terlihat di cetak. Kami melambungkan kata sambil menyanyikan atau mengeja kata dengan lambat.

Saya mengubahnya dari hanya sesekali menggunakan lengan untuk skywrite hingga menggunakan bagian tubuh lain – seperti kaki, siku atau perut – hanya untuk menjaga segala sesuatunya tetap segar. Atau coba dengan mata tertutup. Itu bagus.

Versi alternatif dari ini adalah memainkan permainan bergaya mitra. Mereka akan melacak kata (atau sight word pada minggu lalu) di punggung pasangan mereka dengan jari mereka. Mitra harus menebak kata mana yang dieja.

Itu dia?

Kurang lebih.

Satu-satunya kegiatan kelompok lain yang kami lakukan adalah memeriksa seluruh daftar sight word menggunakan mantra. Agak seperti Anda meninjau bagan alfabet setiap hari – yah, kami melakukannya dengan sight words kami juga. Itu juga termasuk dalam bundel lagu sight word saya dan sangat berguna.

Saya akan mengatakan bahwa selain pelajaran mini yang tercantum di sini kami berbicara sight words dalam kelompok membaca kami dan waktu penulisan kami juga. Saya tidak akan melewatkan kesempatan untuk memperkuat kata!

Mereka juga akan melihat kata penglihatan pada minggu berikutnya di pusat abc dan pusat snatcher kami.

Tentu saja saya tidak perlu mengajar hanya satu sight word dalam seminggu. Ada selusin minggu yang kami agendakan dan saya mengajar dua minggu untuk seluruh kelas (seperti saya akan menambahkan kata warna).

Dan saya akan menambahkan lebih banyak kata dalam kelompok membaca kecil kami bagi mereka yang siap untuk melakukannya. Masuk akal, bukan?

Apa kata-kata penglihatan untuk diajarkan di TK?

Ini sepertinya pertanyaan yang sangat subyektif. Tanyakan 12 guru TK dan dapatkan 12 jawaban berbeda. Tetapi karena Anda ada di sini di blog saya, izinkan saya berbagi daftar saya dengan Anda.
Saya mulai dengan satu set inti dari 24 kata penglihatan.

nama depan, saya, saya, saya, itu, seperti, a, lihat, jadi, untuk, saya, dan, di, lakukan, dia, tidak, kita, di, itu, adalah, bisa, naik, dia, pergi

Setelah sebagian besar kelas memiliki daftar dan sudah menguasai, kami akan beralih ke belajar 24+. Beberapa siswa sudah dapat mengerjakan daftar ini dalam kelompok-kelompok kecil (atau telah melewatinya).

ini, turun, kuning, ungu, mereka, kata, adalah, di sana, hari, cinta, biru, hitam, hijau, terlihat, merah, merah muda, ini, miliki, coklat, Anda, di sini, bermain, oranye

Banyak guru harus mengikuti apa yang dijukniskan oleh kurikulum mereka. Orang lain suka menggunakan daftar kata Fry dari 100 kata untuk dikerjakan. Saya kebetulan memiliki beberapa fleksibilitas dengan memilih daftar saya.

Sight Words Dalam Tuntunan

Taman kanak-kanak hari ini adalah kelas satu kemarin. Bahkan, saya tidak pernah ingin mengajar kelas satu karena saya tidak ingin bertambah beban karena harus mengajar seseorang cara membaca. Ha, sejujurnya itu salah satu yang saya hindari.

Tidak peduli apa sight word di TK yang Anda ajarkan – buatlah bermakna dan buatlah itu di depan sebanyak mungkin siswa.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.