Sat. Oct 19th, 2019

Agateny

Dunia Pendidikan Anak-Anak

Materi Pembelajaran yang Anak-Anak Dapatkan di Taman Kanak-Kanak

4 min read

Apa yang Anak-Anak Pelajari

Dasar
Sebagian besar anak TK ingin mempelajari semua tentang dunia di sekitar mereka dan cara kerjanya. Guru TK sering membangun antusiasme ini dengan menawarkan proyek yang mendorong anak-anak untuk menggali lebih dalam ke bidang yang menarik bagi mereka. Anak-anak dapat membuat jejak seukuran mereka sendiri ketika mereka belajar tentang tubuh manusia, atau mempelajari habitat hewan dengan meneliti informasi tentang hewan peliharaan di kelas.

Banyak ruang kelas TK menawarkan lebih banyak pembelajaran formal dan pengalaman sekolah tradisional daripada prasekolah. Tetapi taman kanak-kanak masih bertujuan untuk merangsang rasa ingin tahu anak-anak untuk belajar lebih banyak tentang dunia di sekitar mereka. Adalah tugas guru TK untuk membantu anak-anak menjadi nyaman belajar di ruang kelas dan untuk memperkenalkan beberapa keterampilan dasar matematika dan terkait penemuan penting di tengah-tengah mereka.

Bahasa & Literasi
Anak-anak TK memperhatikan bahwa kata-kata berada di mana-mana – di buku, di supermarket, di halte bus dan di rumah mereka. Mereka bermain dengan bahasa dengan menciptakan sajak konyol dan kata-kata yang tidak masuk akal. Walaupun ini biasanya sangat menyenangkan, ini juga merupakan langkah yang sangat penting dalam belajar membaca.

Para guru membacakan berbagai puisi, cerita, dan buku non-fiksi dengan lantang kepada anak-anak. Anak-anak TK belajar bahwa huruf dan suara bersatu membentuk kata, dan bagaimana mengidentifikasi huruf alfabet dan pelafalannya. Banyak anak-anak TK diharapkan sudah bisa membaca kata-kata pada akhir tahun.

Orang tua dapat menerima puisi pertama anak mereka, karena anak TK akan diminta untuk menulis lebih banyak daripada anak-anak prasekolah. Jurnal TK Anda mungkin terlihat seperti kombinasi dari rangkaian huruf dan coretan bagi kebanyakan orang, tetapi ia membawa pesan yang paling penting – bahwa ia dapat menulis untuk membuat cerita sendiri, untuk menceritakan pengalamannya, dan untuk berbagi informasi.

Matematika
Menghitung kubus, batang angka, dan materi matematika lainnya membantu anak TK bekerja dengan satu set angka yang lebih besar. Anak-anak juga mulai menggunakan bahan fisik untuk menyelesaikan masalah penjumlahan dan pengurangan sederhana, seperti berapa banyak kue kering yang akan mereka sisakan setelah mereka membagikan beberapa kepada teman. Mereka akan belajar tentang waktu, menggunakan alat-alat seperti jam dan kalender secara teratur di kelas. Meskipun mereka tidak sepenuhnya dapat mengetahui waktu atau bahkan menyadari dengan tepat dalam satu atau dua bulan, mereka akan mulai memahami bahwa beberapa akan mengukur jumlah waktu yang lebih lama, dan yang lainnya jumlah yang pendek.

Ilmu
Di taman kanak-kanak, anak-anak belajar tentang tumbuhan dan hewan dan mengeksplorasi cuaca dan musim. Guru menggunakan eksperimen sains sederhana untuk memperkenalkan anak-anak pada proses penyelidikan ilmiah. Anak-anak TK sekarang mampu mengingat lebih banyak informasi dan menggunakannya untuk membuat korelasi antara berbagai hal. Mereka dapat memisahkan hewan mainan menjadi kelompok-kelompok, seperti yang ditemukan di darat, laut, atau langit; atau hewan yang menetas dari telur dan hewan yang tidak menetas.

Penelitian sosial
Taman kanak-kanak siap untuk menjangkau dunia di luar rumah mereka dan ruang kelas mereka menuju lingkungan atau komunitas yang lebih besar. Mereka belajar lebih banyak tentang aturan yang membantu orang bergaul satu dengan lainnya. Mereka mungkin mulai membentuk pendapat tentang masalah dan dapat memahami bahwa orang lain mungkin memiliki sudut pandang yang berbeda – memperhatikan ketika teman sekelas tidak mendapat giliran selama pertandingan dan membiarkan guru tahu dengan mengatakan, “Itu tidak adil!”

Bagaimana Anak-Anak Belajar di TK

Tumbuh & Berkembang
Siswa Taman Kanak-kanak berangsur-angsur telah tumbuh pesat sejak masa prasekolah mereka. Mereka tumbuh lebih besar dan menjadi lebih elok dan terkoordinasi. Mereka telah tumbuh secara intelektual dan dapat fokus pada tugas untuk periode waktu yang lebih lama. Mereka telah tumbuh secara sosial dan memiliki keterampilan yang lebih baik untuk berteman dan bekerja dalam kelompok. Mereka menjadi pemikir yang kompleks dan lebih mampu memahami jawaban yang terperinci untuk banyak pertanyaan “apa” yang mereka miliki tentang dunia.

Hasrat Bertanya
Siswa Taman kanak-kanak belajar dengan baik dan aktif, mengeksplorasi langsung dengan penemuan. Mereka memahami dunia dengan mengalaminya secara fisik.

“Rachel Carson mungkin mengatakan meereka adalah yang terbaik,” kata Nancy Roser, Ed. D., Profesor Pendidikan di University of Texas di Austin. “Carson menggambarkan anak-anak sebagai pengkaji dari ‘rasa takjub’. Rasa takjub ini memungkinkan anak-anak TK untuk terpikat dalam teka-teki yang mengelilingi mereka. Mereka berusaha mencari tahu teka-teki itu dengan menjelajahi, membangun penjelasan, dan mengajukan lebih banyak pertanyaan. ”

Ikuti & Fokus
Anak-anak TK sering bertanya-tanya tentang konsep kompleks abstrak yang mungkin belum siap untuk mereka pahami sepenuhnya. Ketika mereka melihat bola dunia mungkin mereka bertanya-tanya mengapa orang tidak jatuh dari dasar bumi, karena mereka tidak dapat benar-benar memahami gravitasi. Mereka mungkin membayangkan bahwa berdiri di atas awan itu mungkin, meskipun mereka tahu bahwa awan itu terbuat dari tetesan air.

Anak-anak di taman kanak-kanak menjadi lebih dewasa baik dalam pikiran maupun tindakan mereka. Anak TK Anda biasanya dapat mengikuti arahan dari gurunya dan fokus pada tugas. Sementara seorang guru prasekolah mungkin membiarkan anak-anak bermain dengan bebas di tengah ruang, seorang guru TK tahu bahwa dia dapat meminta anak-anak untuk menyelesaikan tugas, seperti menciptakan kembali sebuah pola di atas kertas yang mereka mulai dengan balok. Pengalaman seperti ini membantu anak-anak TK mendapatkan keterampilan dasar. Mereka akan menggunakan keterampilan dasar ini kelak di kehidupan sekolah mereka ketika mereka diminta untuk memecahkan masalah matematika, melakukan percobaan sains, membaca buku, atau menulis cerita.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.