Sat. Oct 19th, 2019

Agateny

Dunia Pendidikan Anak-Anak

Trik Menulis Sight Words dengan Lancar

3 min read

Murid-murid saya perlu tahu kata-kata penglihatan. Karena merupakan langkah kunci dalam proses membaca. Mereka bukanlah segalanya, tetapi mereka memainkan peran penting dalam mempelajari cara membaca di taman kanak-kanak. Ini adalah satu pelajaran kecil yang saya lakukan – saya menyebutnya sebagai kegiatan pemanasan – dengan kelompok membaca yang saya pandu.

Ada begitu banyak hal yang harus dipelajari dalam membaca. Misalnya, ada kesadaran fonemis, mempelajari bunyi huruf, memanipulasi bunyi huruf, dan membaca kata-kata dengan penglihatan.
Nah, selama pelajaran kelompok membaca yang saya pandu, saya lebih menyukai untuk fokus pada semua keterampilan ini karena sangat penting! Salah satu cara mudahnya adalah dengan melakukan pemanasan (atau pelajaran singkat) sebelum kita masuk ke konten utama dari pelajaran kita.

Fokus dari pemanasan ini adalah menilai dan mendorong anak-anak saya untuk belajar menulis kata-kata penglihatan – tidak hanya membacanya. Beberapa siswa secara alami akan lebih baik dalam hal ini sesuai dengan kekuatan mereka, tetapi tetap baik untuk berlatih karena kami berharap mereka dapat mengeja kata-kata ini dengan benar ke dalam tulisan mereka di tengah-tengah banyak kata yang dieja secara fonetis pada usia ini.

Kami menggunakan kata nyanyian penglihatan sebagai dasar kami. Apa itu? Yah, cukup banyak kata-kata kunci kita yang diatur ke 24 nada demo. Kami menggunakannya, berlatih, dan mempelajarinya seperti yang kami lakukan pada grafik alfabet setiap hari.

Karena murid-murid saya secara praktis dapat melafalkannya, seperti yang mereka dapat ketika menyanyikan alfabet – kita sekarang benar-benar fokus dalam membangun kelancaran kita dalam hal menulis kata-kata ini.

Aktivitas Menulis Kata-Kata Aktif dengan Lancar

Saya mengatur aplikasi timer di ponsel saya selama 2 menit. Saya memberi mereka karet penghapus kering dengan dibuat semi garis-garis (dan penutup plastik pelindung halaman sehingga mereka dapat dengan mudah menghapus dengan penghapus kaus kaki bayi mereka). Setiap baris horizontal memiliki jumlah baris yang sama dan memiliki kata-kata nyanyian. Garis-garisnya juga cocok dengan warna kata-kata dalam nyanyian.
Workmat kata penglihatan kosong ini bagi mereka adalah seperti menulis mantra secara berurutan dan untuk memeriksa seberapa jauh mereka dapat mencapainya dalam dua menit.

Saya ingin mereka menulis kata-kata agar mereka dapat menghabiskan waktu supaya fokus pada bagaimana mengeja kata-kata daripada menghabiskan waktu memikirkan kata-kata ataupun hanya semacam melakukan “menulis kata-kata yang Anda tahu bagaimana mengeja”.

Kami mengamati berapa banyak masing-masing kata yang mereka perbaiki (dan seberapa jauh mereka selesaikan).

Kami tidak membandingkan angka mereka satu dengan lainnya – tetapi saya menegaskan bahwa mereka harus terus bekerja keras selama waktu membaca dan menulis karena kami akan mengulangi kegiatan ini dalam beberapa hari.

Ketika kita mengulangi pemanasan tersebut – kita mengamati seberapa banyak lagi yang mereka dapatkan (dan mereka mendapatkan lebih banyak kesalahan!) Saya mencatat angka-angka mereka dalam binder catatan saya dan mengingatkan mereka tentang seberapa jauh yang mereka dapatkan pada waktu sebelumnya.

Jenis kegiatan ini sangat memotivasi siswa saya yang memperoleh ‘kegiatan membaca’ ini. Saya biasanya memulai kegiatan ini dengan berkelompok di saat mereka sudah dapat membaca sekitar lebih dari 18 kata atau bahkan semuanya. Itu adalah langkah alami berikutnya dari kegiatan membaca kata-kata dengan tujuan untuk belajar menulis kata-kata penglihatan dan menjadi mahir dalam hal itu.

Bagi saya, siswa saya mana yang cenderung kurang atau lebih, dari grafik akan memberi tahu saya semuanya. Jika mereka terlihat berjuang, saya tahu ada lebih banyak yang bisa saya lakukan untuk membantu mereka fokus pada kata-kata penglihatan dan membangun keterampilan grafem mereka.

Jika mereka mengeksplorasi keluar dari pakem atau memulai membaca yang lebih tinggi, kita bisa men-tweak kegiatan yang sama ini dengan 24 kata berikutnya sehingga setiap orang selalu merasa ditantang.

Aktivitas pemanasan ini menjadi hal yang saya tarik kembali setiap selang beberapa minggu, jadi saya menyimpannya di tempat yang mudah diakses. Workmats membaca terpandu kami adalah tempat yang tepat untuk menyimpan templat garis berwarna.

Mudah dibagikan, mudah dibersihkan!

Siap mengerjakan kata-kata penglihatan dengan anak TK Anda? Saya mendukung Anda dengan Sing to Learn Sight Word Songs – lagu-lagu kecil yang mudah Anda kenal dengan lirik yang diubah untuk mengajari anak-anak Anda cara mengeja dan membaca kat demi kata.

Saya harap Anda dapat menggunakan pelajaran singkat jenis pemanasan ini dengan saudara-saudara Anda yang sedang belajar membaca di TK dan juga yang sedang berupaya menulis kata-kata penglihatan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.